News & Events

Jasa Yang Akan Mendatangkan Anda Banyak Referral

Referral adalah bagian terpenting dalam perusahaan jasa apapun. Referral bukan hanya berarti seseorang memberikan testimoni untuk jasa anda, namun mereka juga akan menjadi leads yang berpotensi menjadi pembeli.

Cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan calon klien anda adalah untuk memastikan orang yang akan memberikan anda referral adalah seseorang yang dapat dipercaya kedua belah pihak – anda dan calon klien anda. Akan lebih mudah bagi seseorang untuk berbisnis dengan agen dengan reputasi positif dari sumber yang terpercaya. Sumber ini, atau “Referring Client” anda sesungguhnya adalah PR agent anda yang terus membicarakan jasa anda kepada calon klien.

Apakah poin-poin utama sebuah jasa yang layak diberikan referral?

  1. Selalu update klien anda dengan informasi terbaru, walaupun mungkin informasi tersebut bukanlah kabar baik. Komunikasi adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan, apapun jenis informasinya, baik ataupun buruk. Komunikasikan rencana anda untuk menjual rumah mereka atau langkah yang akan anda ambil  untuk membuat penawaran terhadap calon klien. Anda akan mendapatkan kepercaaan mereka jika anda menjalin komunikasi dan memberikan informasi yang mereka butuhkan
    setiap saat.
  2.  Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik. Banyak orang mendengarkan hanya sekedar untuk merespon, dan itu bukan pendengar yang baik. Anda harus benar-benar mendengarkan dan mengerti kebutuhan klien anda.
  3. Jawab panggilan telfon dan email anda secara berkala. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun dalam era digital, ini menjadi sumber rusaknya banyak hubungan. Menjawab panggilan telfon dan email anda adalah etika yang terpenting dalam menjalin hubungan. Gunakan voicemail atau automatic response dalam email anda untuk  memberikan kabar bahwa anda akan menghubungi mereka kembali dalam waktu yang sudah anda tentukan. Ini akan menunjukan kepada klien anda bahwa anda menghargai waktu mereka dan anda dapat dipercaya.
  4. Perhatikan kebutuhan klien anda, yang terucap dan tidak terucap. Tidak semua klien anda memahami proses pembelian rumah, jadi gunakan kesempatan ini untuk membimbing merek melalui proses ini dan membuat mereka lebih percaya terhadap anda.
  5. Tingkatkan visibilitas anda. Siapkan kartu nama anda setiap saat, tingkatkan SEO website anda, cantumkan dan perjelas informasi anda. Pastikan anda menjadi seseorang yang mudah dihubungi.
  6. Berterima kasihlah kepada mereka yang memberikan anda referral. Walaupun referral anda menjadi Klien atau Lead, ini akan menunjukan bahwa referral adalah bagian terpenting dari bisnis anda.

Jika anda berharap mendapatkan Referral namun tidak memintanya, anda merugikan diri sendiri.

Sangat penting bagi anda untuk memahami pentingnya referral bagi bisnis anda. Buatlah sebuah program “Referral Incentive” bagi para Klien anda, agar mereka tidak sungkan menyebarkan informasi mengenai jasa anda kepada kerabat mereka. Program ini tidak hanya akan membantu anda mendapatkan lebih banyak referral, namun juga menjalin hubungan  yang baik dengan klien anda.